Iman dan Sedekah

Iman dan Sedekah. Hashshinuu amwalaku biz zakat (bentengilah harta kekayaanmu dengan zakat), meminjam istilah Umar bin Khathab. Dalam Qur'an Allah SWT berfirman artinya : Adapun orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa, dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (syurga), maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah (QS. Al-Lail (92) : 5-7). Apabila kita dalam kondisi papa, keluarkan harta yang paling kita senangi, niscaya Allah Swt akan menghilangkan kemiskinan kita itu. Sedekah adalah solusi yang jitu untuk mengatasi berbagai kerumitan kehidupan kita, karena iman dengan janji Allah SWT kepada ayat diatas, bukan ?

Iman yang benar adalah keyakinan yang terhunjam di kedalaman hati, diucapkan dengan lisan, dan dibuktikan dengan seluruh anggota tubuh. Keyakinan bulat, tiada keraguan sedikit pun (al-yaqinu kulluhu). Dan mampu mempengaruhi orientasi kehidupan (ittijahul hayah). Iman tidak sekedar amal perbuatan, bukan pula sebatas pengetahuan tentang rukun Iman.
Iman dan Sedekah
Iman bukan pula sekedar ucapan lisan seseorang yang mengaku bahwa dirinya orang beriman. Sebab, orang-orang munafik pun dengan lisannya menyatakan hal yang serupa, tetapi hatinya mengingkari statemennya sendiri. (QS. Al-Baqarah (2) : 8-9). Hingga pengetahuannya tidak berfaedah karena tidak dimanfaatkannya melalui amaliah, Apa yang dikerjakan tidak didasari kemurnian niat untuk mencari ridha Allah Swt (QS. An-Nisa (4) : 142).

Iman juga bukan sekedar pengetahuan akan makna dan hakikat iman, tidak sedikit orang yang mendalami hakikat dan makna iman, tetapi mereka tetap saja ingkar (QS. An-Naml (27) : 14), (QS. Al-Baqarah (2) : 146). Berapa banyak keraguan dan kelemahan hati setiap insan saat ini, karena memang ujian keimanan tergantung dari perjuangan hati seorang hamba akan jalan yang ia pilih dan hasilnya tentu sesuai pilihannya.

2 Komentar "Iman dan Sedekah", Baca atau Masukkan Komentar

Tutorial Blog Terbaru said...

Sedekah, yah sedekah.

kita harus menyisihkan sedikit untuk orang2 yang membutuhkan,,

cuy oh yah ditunggu Comment backnya,,, :)

Kanker Usus said...

sebagai manusia yang baik dan memiliki harta lebih wajib untuk bersedekah kepada yang membutuhkan,,juga untuk menambah bekal kita nanti diakhirat

Followers