Membuat Aplikasi Penggajian Sederhana

Membuat Aplikasi Penggajian Sederhana menggunakan java, buat sobat blogger yang kebingungan mencari sintak atau code untuk membuat sebuah aplikasi menggunakan java, berikut ini ada sedikit tutorial beserta sintaknya untuk membuat aplikasi upah gaji sederhana. Semoga saja aplikasi sederhana ini bisa membantu sobat blogger dalam menyelesaikan tugas yang diberikan olah dosen atau guru.


import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;
public class HitungUpah extends JFrame {
JLabel lbl1=new JLabel ("Hitung Gaji Pegawai ");
JLabel lbl2=new JLabel ("Nama Pegawai ");
JLabel lbl3=new JLabel ("NIP ");
JLabel lbl4=new JLabel ("Gaji Pokok ");
JLabel lbl5=new JLabel ("Jabatan ");
JLabel lbl6=new JLabel ("Tunjangan ");
JLabel lbl7=new JLabel ("Jumlah Gaji ");

JTextField txtNama=new JTextField(25);
JTextField txtNip=new JTextField(25);
JTextField txtGapok=new JTextField(25);
String Jabatan[]={"Manajer","Seretaris"};
JComboBox combo=new JComboBox(Jabatan);
JTextField txtTunjangan=new JTextField(25);
JTextField txtJumlah=new JTextField(25);

JButton tbHITUNG=new JButton("HITUNG");
JButton tbHAPUS=new JButton ("HAPUS");
JButton tbEXIT=new JButton ("EXIT");

public HitungUpah(){
setTitle("Aplikasi Penggajian");

setLocation(350,150);
setSize(370,300);

setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
txtTunjangan.setEnabled(false);
txtJumlah.setEnabled(false);

}

void komponen(){
getContentPane().setLayout(null);

getContentPane().add(lbl1);
lbl1.setBounds(130,20,300,20);

getContentPane().add(lbl2);
lbl2.setBounds(20,60,150,20);
getContentPane().add(txtNama);
txtNama.setBounds(180,60,150,20);

getContentPane().add(lbl3);
lbl3.setBounds(20,80,150,20);
getContentPane().add(txtNip);
txtNip.setBounds(180,80,150,20);

getContentPane().add(lbl4);
lbl4.setBounds(20,100,150,20);
getContentPane().add(txtGapok);
txtGapok.setBounds(180,100,150,20);

getContentPane().add(lbl5);
lbl5.setBounds(20,120,150,20);
getContentPane().add(combo);
combo.setBounds(180,120,150,20);

getContentPane().add(lbl6);
lbl6.setBounds(20,140,150,20);
getContentPane().add(txtTunjangan);
txtTunjangan.setBounds(180,140,150,20);

getContentPane().add(lbl7);
lbl7.setBounds(20,160,150,20);
getContentPane().add(txtJumlah);
txtJumlah.setBounds(180,160,150,20);

getContentPane().add(tbHITUNG);
tbHITUNG.setBounds(10,200,100,30);

getContentPane().add(tbHAPUS);
tbHAPUS.setBounds(120,200,100,30);

getContentPane().add(tbEXIT);
tbEXIT.setBounds(230,200,100,30);

setVisible(true);

}

void Hitung(){
tbHITUNG.addActionListener(new ActionListener()
{
public void actionPerformed(ActionEvent e){
String pilih = e.getActionCommand();
if(pilih.equals("HITUNG"))
{
double b,tunjangan,total;
switch (combo.getSelectedIndex()){
case 0:
tunjangan=500000;
txtTunjangan.setText(""+tunjangan);
b=Double.parseDouble(txtGapok.getText());

total=b+tunjangan+1000000;
txtJumlah.setText(""+total);
break;

case 1:

tunjangan=400000;
txtTunjangan.setText(""+tunjangan);
b=Double.parseDouble(txtGapok.getText());

total=b+tunjangan+800000;
txtJumlah.setText(""+total);
break;
}
}
}

});
}

void keluar(){
tbEXIT.addActionListener(new ActionListener()
{
public void actionPerformed(ActionEvent e){
System.exit(0);

}
}
);
}

void Hapus(){
tbHAPUS.addActionListener(new ActionListener()
{
public void actionPerformed(ActionEvent e){
txtNama.setText("");
txtNip.setText("");
txtGapok.setText("");
txtTunjangan.setText("");
txtJumlah.setText("");

}
}
);
}

public static void main(String[]args){
HitungUpah aplikasi=new HitungUpah();

aplikasi.komponen();
aplikasi.Hitung();
aplikasi.Hapus();
aplikasi.keluar();

}
}


Created by Teguh Permana

1 Komentar "Membuat Aplikasi Penggajian Sederhana", Baca atau Masukkan Komentar

Unknown said...

ijin copas bang admin, buat tugas kuliah.. trima ksih... :)

Followers