Jaringan Komputer bag 3

Sebelumnya kita sudah membahas jaringan berdasarkan ukuran dan jaringan berdasarkan media penghubungnya. Kali ini kita akan membahas pembagian jaringan komputer berdasarkan fungsionalnya. Berdasarkan fungsionalnya jaringan komputer terbagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut.
  1. Jaringan Client-Server
  2. Ada dua fungsi komputer pada jaringan ini, yaitu sebagai server dan client. Komputer Server adalah komputer yang bertugas untuk memberikan layanan untuk komputer lain. tugas dari komputer ini untuk mengatur penggunaan sumber daya dan mengelola komputer lain yang terhubung padanya. Salah satu contoh sistem operasi yang digunakan dalam komputer server ini adalah Microsoft Windows Server 2003. Sedangkan Komputer Client adalah komputer yang terhubung ke server dan meminta layanan yang diperlukan. Sistem operasi yang banyak digunakan pada komputer client saat ini adalah Microsoft Windows XP.
    Contoh Jaringan Client-Server
  3. Jaringan Pear to Pear
  4. Dalam jaringan ini, fungsi tiap-tiap komputer sama. Setiap komputer bisa jadi client maupun server tergantung proses yang dilakukan. Misal komputer A ingin mencetak ke printer yang ada di komputer B, maka komputer A menjadi client dan komputer B menjadi server. Komputer A juga bisa menjadi server, misalnya komputer B mengambil file yang ada dikomputer A. Pada contoh ini, komputer A menjadi server dan komputer B menjadi client.
    Contoh Jaringan Pear to Pear
Superman IT karangan Shmily Valen

0 Komentar "Jaringan Komputer bag 3", Baca atau Masukkan Komentar

Followers