Jaringan Komputer bag 2

Sebelumnya kita telah mengetahui jaringan berdasarkan ukurannya. Jaringan komputer juga bisa dibagi berdasarkan media penghubungnya. Istilah media penghubung ini sama dengan jalan pada suatu kota. Berdasarkan media penghubungnya, jaringan komputer bisa di bagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut.
  1. Wired Network (Jaringan Kabel)
  2. Merupakan jaringan yang menggunakan media penguhubung menggunakan kabel. Pada jenis jaringan ini, kabel penghubungnya bisa berupa kabel Twisted Pair, Coaxial, dan Fiber Optics. Yang jelas dalam jaringan jenis ini, ada kabel yang akan menjadi penghubung tiap komputer. Kabel yang sering digunakan dalam suatu LAN adalah kabel Twisted Pair (jenis UTP = Unshield Twisted Pair) karena lebih murah dan mudah digunakan.
  3. Wireless Network (Jaringan Nirkabel)
  4. Merupakan jaringan yang menggunakan media selain kabel sebagai media penghubung, yaitu transmisi gelombang radio, microwave, atau infrared. Pernahkah kamu mendengar istilah Hot Spot ? Hot spot adalah salah satu jaringan wireless. Biasanya hot spot lebih kepada akses internet secara wireless.
Jaringan yang disambungkan dengan kabel lebih sering digunakan karena lebih stabil dan aman. Sedangkan kelebihan jaringan wireless adalah untuk memudahkan akses. Notebook yang memiliki wifi bisa mengakses jaringan dari mana saja sejauh sinyal masih terdeteksi.


Contoh Wireless

Superman IT karangan Shmily Valen

0 Komentar "Jaringan Komputer bag 2", Baca atau Masukkan Komentar

Followers