Menjadi blogger

Apa sich sebenarnya blog itu ?

Hi guys! Sekarang zamannya mengekspresikan diri dan berbagi lewat tulisan! Kalau belum berani mengirimkan tulisan ke majalah atau penerbit, mungkin kamu bisa mulai dengan menuliskan jurnal di blog! Disini saya akan menjelaskan tentang apa itu blog, istilah yang ada didunia blog biar kamu nggak dibilang gagap blog.

Tiba-tiba semua temanmu punya blog, artis-artis juga membuat blog, bahkan adikmu yang masih kecil juga sudah asyik menulis blog. Kelihatannya membuat blog itu mudah, tapi kamu tetap nggak mengerti tantang apa dan bagaimana blog itu. Jumlah pengguna blog di Indonesia masih berkisar diantara 250.000 orang. Dan sebentar lagi, statistik itu akan berubah setelah kamu selesai membaca artikel ini.

Blog, singkatan dari kata weblog, merupakan sebuah halam web yang awalnya digunakan untuk menyimpan links atau hal-hal menarik yang ditemukan didunia web. Blogger sendiri tentunya berarti pengguna blog yang melakukan aktivitas, membuat dan menulis blog secara rutin. Bagaimana jika kamu hanya menulis satu kali dan tak pernah menulis lagi di blog? Well, itu namanya blogger jadi-jadian.

Apa hebatnya sich blog ?

Oke, bayangkan ini. Dulu, untuk membuat sebuah website digunakan bahasa HTML (Hyper Text Markup Language). Setelah jadi, website inipun harus di-upload ke online web dengan menggunakan FTP(File Transver Protokol ). Apa ? oke, intinya adalah, dulu membuat website itu sulit. Dengan blog, yang perlu kamu lakukan hanya mendaftar ke layanan penyediaan blog service, kemudian menulis sesuatu di blog kamu dan tekan tombol “Post”. Gampang banget dech, pokoknya.

Terus apa yang harus kita lakukan dengan blog ?

Kamu bisa menulis apa saja sesuai dengan minat kamu. Beberapa yang bisa kamu lakukan dengan blog :

· Menambah teman

Kamu bisa bikin t-shirt­ atau kartu nama dengan alamat blog kamu untuk dilihat oleh teman-teman. Kamu akan terlihat gaul dan keren sekali. Selain itu, akan banyak blogger lain yang akan datang untuk menbaca tulisanmu. Kamu jadi tambah banyak teman!

· Curhat

Blog ini bisa jadi diary. Tulis aja hal-hal pribadi kamu disini. Sekarangkan emang zamannya berbagi. Susah senag, dibagi bersama. benerkan ?

· Berita terkini

Sesuai kata sumber yang dapat dipercaya (nyokap), cabe keriting dan bawang bombai naik lagi! Bahkan ngelunjak sampe genteng rumah! Kamu bisa share tuh berita kenaikan cabe keriting dan bawang bombai di-blog­ mu.

· Pamer foto

Baru jalan-jalan ke Ancol atau Paris bareng temen-temen dan ngambil banyak foto disana? Langsung pasang aja di blog, sekalian tulis pengalamanmu hari itu. Momen-momen indah dalam hidupmu jadi terekam dengan baik.

· Review

Baru kelar nonton film yang bagus atau baru beli hand phone baru yang keren banget? Tulis aja review kamu di blog-mu.

· Simple how-to

Kamu terkenal dengan keahlianmu sebagai tukang masak semur jengkol? Tulislah bagaimana cara kamu menaklukkan jengkol yang pahit sepet sehingga menjadi enak dan lezat untuk dinikmati. Pasti seru !

· Naruh puisi atau cerpen

Kamu bisa pasang di blog, semua puisi atau cerpen yang pernah kamu tulis dan kamu simpan. Hitung-hitung kamu udah nerbitin sendiri karya-karyamu. Kalau ada penerbit yang kebetulan masuk ke blog kamu dan menyukai tulisanmu, karyamu bisa diterbitkan beneran tuh! Kebayang gak sich lho!!

· Jualan

Manik-manik yang kamu bikin jadi kalung, gelang, dan lain-lain. Kertas bisa kamu sulap jadi burung. Atau kamu bisa melukis dengan barang-barang yang sudah tidak digunakan! Dan sekarang jumlahnya udah menggunung dan nggak tau mau diapain lagi. Jual aja di blog! Pasang foto produknya dan tulis deskripsi produk beserta harganya. Praktiskan!

Waduh, kerend bangetd! Jadi, gimana caranya bikind blog?

Untuk membuat blog, yang pertama harus kita lakukan adalah memilih blog service yang ingin kita gunakan. Dalam hal ini, kita ingin menggunakan layanan blog yang gratis, unlimited, dan mudah. Semua itu ada di Blogger.com!

Istilah-istilah blog

Dalam dunia blog, kamu akan menemukan istilah-istilah yang agak aneh dan belum pernah kamu dengar sebelumnya. Nah, sebelum kamu nyemplung kedalam dunia blog dan biar kamu nggak kaget dengan banyaknya istilah blog yang belum kamu pahami, saya akan coba jabarkan glossary-nya buat kamu.

· Archive : Arsip blog kita.

· Avatar : Foto profil kita.

· Blog : Kependekan dari weblog; jurnal di web yang di-update secara berkala.

· Blogging : Menulis blog.

· Blogosphere : Dunia blog.

· Blogroll : Kumpulan link-link blog lain.

· Bookmark : Menyimpan situs favorit.

· Blogger : Orang yang mempunyai blog.

· Blogwalking : Secara berkala mengunjungi blog orang lain.

· Category : Kategori posting.

· Celeblog : Orang yang blog-nya terkenal dan berpengaruh didalam blogosphere.

· Comment : Komentar yang ada di blog.

· Feed : Sindikasi yang mempermudah pembaca blog untuk membaca melalui reader.

· Hiatus : Tidak nge-blog dalam waktu yang cukup lama.

· Moblog : Nge-blog dengan perangkat mobile seperti telepon genggam.

· Posting : Menulis blog.

· Photoblog : Blog khusus berisi foto-foto.

· Problogger : Blogger yang mendapatkan uang dari dari hasil nge-blog.

· Permalink : Permanent Link, link menuju postingan sebuah blog.

· Template : Desain blog.

· Trackback : Notifikasi jika ada yang membuat link ke blog.

· Weblog : Jurnal di web yang di-update secara berkala.

0 Komentar "Menjadi blogger", Baca atau Masukkan Komentar

Followers