Ilmu dan Cinta

Cintailah anak-anak Anda dengan cinta yang nyata; tunjukkan kesalahan mereka dengan lembut dan santun; bersabarlah dalam menghadapi perilaku mereka; bersikaplah sesekali seakan-akan Anda mengabaikan kesalahan mereka; jadikanlah diri Anda sebagai teladan bagi mereka; gunakanlah cara dan metode yang tepat dalam melakukan itu. Gunakan bahasa cinta dan kasih-sayang, mengenalkan Allah dan teladan Para Nabi agar jalannya rumah tangga berkah dan rahmat meliputi didalamnya. Banyak suami-suami yang meminta istrinya untuk tetap tinggal di rumah atau maksimal tetap bekerja di luar rumah hingga mereka dikaruniai anak. Kesadaran ini sungguh mulia, apalagi jika mengingat peran sentral seorang wanita sebagai ibu yang nantinya akan mengasuh anak-anak. Suami dan istri harus berjuang saling memahami dan mempersiapkan apa yang akan dilakukan seorang istri ketika ia total “bertugas” di rumah.

Sudahkah si istri memiliki keterampilan untuk mengisi hari-harinya?

Sudahkah ia juga memiliki keterampilan ketika mengurus dan mengurus si buah hati?

Tentu akan jadi sebuah kesia-siaan manakala si ibu berada di samping anak tetapi tidak memiliki ilmu yang cukup untuk mempersiapkan fisik dan mental seorang anak tumbuh dengan baik
Ilmu dan Cinta
Bila kewajiban utama para istri dan ibu adalah di rumah, mengasuh dan merawat keluarga, maka inilah saatnya bagi para suami untuk meng-up grade kemampuan istri dengan berbagai macam pengetahuan agama, atau bersama-sama belajar tentang mebuat keluarga sakinah dan disamping keterampilan rumah tangga, sediakan buku-buku saku tentang berumah tangga secara Islami, kisah para Shahabat Nabi dan teladan Islami ketika mengelola rumah tangga, hingga sang istri pun akan bisa memanfaatkan waktu mereka sebaik-baiknya di rumah, juga dengan tugas suami.

Hingga sabda Rasulullah soal istri yang menjalankan tugas yang mulia sebagai ibu, bahwa "Surga itu ada di bawah telapak kaki ibu." (Riwayat Muslim) benar-benar tercipta dari ketangguhan pribadi seorang wanita yang akan senantiasa menghiasi rumah dengan ilmu dan cinta. Masaknya bagus, mendidik dan merawat anaknya juga berkualitas, sadar bahwa jihad seorang istri ketika berada dalam tugas dirumah tangga. Berumah tangga bagian dari agama Allah ini dan ia merupakan ibadah yang besar.

0 Komentar "Ilmu dan Cinta", Baca atau Masukkan Komentar

Followers