Meningkatkan Penjualan Bisnis Online dengan Pembayaran CoD

Meningkatkan Penjualan Bisnis Online dengan Pembayaran CoD. Bagi sobat yang hoby dengan belanja online, pasti pernah mendengar atau mungkin pernah melakukan pembayaran dengan sistem CoD, hal ini dinilai lebih aman dan jauh dari kemungkinan penipuan. Sistem pembayaran CoD ini adalah sistem pembayaran yang sering disebut dengan Cash On Delivery atau bayar di tempat istilah umumnya.

Meningkatkan Penjualan Bisnis Online dengan Pembayaran CoDSistem pembayaran ditempat ini sangat menjamin bagi si pembeli untuk melakukan pembayaran, karena pembayaran dilakukan setelah barang sampai ditangan kita. Sistem pembayaran ini kini sangat banyak digemari oleh pembeli dan penjual. Sebut saja salah satu layanan eCommerce yang sangat terkenal, Lazada.

Pembayaran Aman sangat di inginkan oleh pembeli dan penjual, dengan adanya layanan ini dapat membuat Bisnis Online menjadi meningkat dan makin banyak pembeli. Layanan CoD ini sendiri sebenarnya telah lama da, namun hanya sedikit eCommerce yang menggunakannya.

Banyak orang yang menanyakan bagaimana cara melakukan belanja online. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih, kebutuhan akan belanja online di internet terus meningkat. Jam kerja yang padat, jalanan yang macet, membuat orang enggan untuk pergi keluar rumah menuju ke toko untuk membeli barang yang dibutuhkan. Alasan itulah yang membuat belanja online pantas menjadi solusi. Namun meningkatnya belanja online di internet kerap kali disalah gunakan orang yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan tindak kejahatan.

Untuk menghindari kejahatan tersebut, sobat bisa mengikuti beberapa tips yang diberikan oleh CoDnusantara.com berikut ini.
  1. Pilih Toko Online atau Penjual Online Bereputasi Baik.
  2. Tidak semua belanja online dilakukan diweb resmi dari toko online. Ada juga penjual online yang manjual barang dagangan mereka dengan membuka lapak di sosial media seperti Facebook, instagram, twitter, dan ada juga yang berjualan di forum seperti Kaskus, dan masih banyak lagi tempat jualan online yang lain. Siapapun yang menjual, entah itu atas nama pribadi, kelompok, maupun atas nama perusahaan, perhatikanlah kredibiltas si penjual.
  3. Cek, Apakah Si Penjual Memiliki Situs/Website Sendiri Sebagai Toko Online.
  4. Jika ada, amati situs toko online tersebut dan cek statistik toko online seperti umur toko online (minimal 1 tahun ke atas) dapat dicek melalui http://who.is/, Google PageRank (minimal PR 1, makin tinggi makin baik), dan Alexa Rank (minimal di bawah 1 juta) dapat dicek di http://www.alexa.com/.
  5. Periksa Testimoni/Kesaksian dari Orang yang Telah Membeli dari Si Penjual Tersebut.
  6. Apakah barang sampai dengan selamat, sesuai dengan yang dipajang di situs, bagaimana pengiriman paketnya, apakah rapi, dll. Telitilah testimoni tersebut, pastikan testimoni pada situs belanja online tersebut bukan testimoni tipuan. Pastikan Anda belanja online langsung dari toko online yang menjual sendiri barang dagangannya/mempunyai stok sendiri, bukan membeli dari pihak ke-3.
  7. Perhatikan Sisi Personalitas.
  8. Salah satu ciri penjual toko online yang kredibel ialah berani menampilkan alamat lengkap dan kontak person yang siap dihubungi. Jika lokasi alamat si penjual dekat dengan tempat tinggal Anda, tidak ada salahnya Anda berkunjung ke sana untuk memastikan bahwa penjual online tersebut bukanlah penipu. Anda juga dapat memeriksa nomor telepon/HP penjual, alamat email, YM, pin BB, dll dengan mencoba menghubunginya. Apakah kontak person tersebut masih aktif atau tidak. Jika Anda menemukan kejanggalan dan merasa curiga, Anda dapat beralih ke toko online atau penjual online yang lain. Namun jika si penjual online dirasa cukup kredibel dan dapat dipercaya, Anda dapat melanjutkan proses transaksi belanja online Anda.
  9. Baca Peraturan Toko Online Tersebut.
  10. Biasanya toko online yang baik menyediakan panduan cara belanja pada halaman tersendiri. Anda juga dapat membaca halaman FAQ, jika ada. FAQ merupakan singkatan dari Frequent Answer Question, pada halaman ini biasanya dicantumkan pertanyaan-pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh pengunjung baru di situs tersebut yang tentunya telah dijawab oleh pihak toko online tersebut.
  11. Baca Deskripsi dan Detail Produk dengan Cermat.
  12. Mengingat ketika belanja online kita tidak dapat melihat secara langsung fisik produk yang akan kita beli, jadi Anda harus benar-benar teliti sebelum membeli.
  13. Baca Kebijakan Situs Web Terhadap Data Pribadi Anda.
  14. Pada beberapa kasus, Anda mungkin diminta mengisi form data diri seperti nama, alamat, nomor telepon, dan data lain untuk melengkapi proses transaksi dalam belanja online yang Anda lakukan. Pastikan data diri yang Anda berikan tidak disalah gunakan oleh pihak pemilik web diwaktu mendatang.
  15. Pastikan Anda Memasukkan Alamat dengan Lengkap dan Benar.
  16. Misalnya : Nama Jalan, Nama Komplek, No Rumah, RT/RW, Kabupaten, Kecamatan, Nama Kota, Kode Pos, Provinsi dan Patokan khusus agar alamat Anda mudah dicapai oleh pihak jasa pengiriman. Sebagai informasi, jika Anda menggunakan alamat kantor/perusahaan, tambahahkan keterangan : Nama Perusahaan/Kantor, Divisi/Bagian. Misalnya PT. Cara Belanja Online, Divisi Belanja Online, Bagian Packaging. Atau jika menggunakan alamat kos/asrama, tambahkan keterangan nama kos dan no.kamar. Misalnya Kos Puri Biru, Kamar No 8E.
  17. Perhatikan Sistem Pembayaran.
  18. Ini yang paling penting. Berhati-hatilah terhadap setiap transaksi online yang akan Anda lakukan. Pada umumnya Anda akan diminta mengirimkan uang terlebih dahulu, baru barang dikirimkan kepada Anda. Hal ini tidak jadi masalah jika toko online tempat Anda bertransaksi itu benar-benar terpecaya. Namun jika status toko online atau si penjual online itu masih belum diketahui, lebih baik Anda memilih cara pembayaran dengan COD (Cash On Delivery). Yaitu dengan bertemu langsung dengan si penjual atau kuring jasa pengiriman plus barang yang akan Anda beli.

Pengalaman saya mengenai belanja online ini sangat banyak, salah satunya saya pernah berbelanja di Lazada baik dengan cara sistem pambayaran CoD maupun sistem pembayaran Bank Transfer, namun diantara kedua sistem pembayaran tersebut, sistem CoD lah yang saya sangat minati, karena sistem pembayaran ini sangat mudah dan terpercaya dobandingkan sistem pembayaran Bank Transfer atau sistem pembayaran lainnya.

Selain lazada, saya juga pernah berbelanja online di Tokopedia.com, BukaLapak.com, Elevenia.co.id, Bhinneka.com, DinoMarket.com, Rakuten.co.id, Blibli.com, Harga99.com dan masih banyak layanan belanja online lainnya termasuk OLX.co.id dan TokoBagus.com, serta kaskus, namun diantara semua media blanja online tersebut, saya lebih percaya pada banja online di Lazada meskipun kadang harga kirimnya mahal.

Sobat tidak perlu khawatir untuk belanja online asal mengerti dan paham dengan apa yang telah saya jelaskan diatas, jangan mudah tergiur dengan banyaknya diskon dan miringnya harga yang diberikan, pastikan juga sistem pembayarannya aman, websitenya jelas, penjual bisa dihubungi dan memiliki alamat yang jelas, bukan modus penipuan. Sistem pembayran CoD sangat saya sarankan namun jika sistem pembayaran melalui Bank Transfer adalah satu-satunya cara yang bisa dilakukan, pastikan dulu bahwa website tersebut benar-benar terpercaya.

Sekian informasi singkat yang bisa saya berikan kepada sobat pembaca, so JANGAN TAKUT UNTUK BERBELANJA ONLINE, happy shopping.


0 Komentar "Meningkatkan Penjualan Bisnis Online dengan Pembayaran CoD", Baca atau Masukkan Komentar

Followers