Nelayan dan Orang Kaya

Ada seorang kaya berjalan-jalan ke pantai dan melihat seorang nelayan sedang duduk bersantai di pasir sambil menghisap rokok. Ia pun menghampiri dan bertanya "mengapa engkau tidak pergi mencari ikan?"

Nelayan itu menjawab "untuk apa? hasil tangkapanku kemarin cukup untuk membiayai keluargaku untuk seminggu ini".

Orang kaya itupun berkata "tetapi kalau engkau pergi mencari ikan lagi tentu engkau akan mendapatkan uang lebih dan bisa digunakan untuk membeli jala baru yang lebih besar sehingga hasil tangkapanmu pun dapat bertambah banyak"

Nelayan itu bertanya "untuk apa?"

Orang kaya itu semakin gusar dan berkata "dengan hasil tangkapan yang lebih banyak maka penghasilanmu pun akan bertambah dan kau bisa membeli perahu baru yang lebih besar"

Nelayan itu kembali bertanya "untuk apa?"

Orang kaya itu menjawab lagi "tentu dengan perahu yang lebih besar kau bisa berlayar lebih jauh dan mencari ikan lebih banyak dan uangmu bertambah"

Kembali nelayan itu bertanya "untuk apa?"

Orang kaya itu menjawab lagi "dengan uang itu engkau bisa membeli perahu lain dan menyewakannya kepada nelayan lain sehingga kau mendapat uang"

Untuk kesekian kalinya nelayan itu berkata "untuk apa?"

Dan dengan penuh kejengkelan orang kaya itu berkata dengan suara agak kencang "tentu kau akan menjadi kaya dan bisa menikmati hidupmu seperti aku"

Nelayan itu tersenyum lalu berkata "kau pikir apa yang sedang aku lakukan?"

Moral cerita ini menurut saya : kadang-kadang banyak di antara kita yang terobsesi dengan uang uang dan uang. Memang kita hidup di dunia butuh uang. Tapi uang cuma sarana. Jangan sampai uang menjadi tujuan akhir dari semua yang kita lakukan dengan kerja keras.

Banyak sekali saya kenal orang yang workaholicnya terlalu gila-gilaan sampai tidak bisa menikmati hidup. Be realistic la. Uang tidak akan kamu bawa keliang kubur. Anda mengumpulkan uang susah-susah sampai banyak tapi Anda tidak pernah menikmatinya. What a dumbass for me..

1 Komentar "Nelayan dan Orang Kaya", Baca atau Masukkan Komentar

BeST said...

nice info mas,,thanks yah!!

Followers