Apa Itu Bahagia ?

~ 1 ~

Apa Itu Bahagia?

Orang yang bahagia adalah

orang yang mempunyai

good birth, good health, good look,

good luck, good reputation,

good friends, good money,

and goodness.

(Aristoteles)

Kebahagiaan

Kebahagiaan merupakan sebongkah perasaan yang hanya dapat dirasakan berupa perasaan senang, tentram, dan memiliki kedamaiaan. Akan tetapi sulit untuk diidentifikasi melalui penalaran logika formal, ada banyak orang bertanya mengapa saya begitu bahagia hari ini? Atau dari manakah datangnya kebahagiaan itu? Jawaban-jawaban dari pertanyaan tersebut sulit untuk ditemukan melalui pendekatan akal, melainkan hanya dapat dirasakan. Untuk lebih jelasnya apa itu kebahagiaan, mari kita lihat kebahagiaan dari dua aspek objektif dan subjektif.


Kebahagiaan adalah datangnya kese-nangan dengan ber-akhirnya penderita-an, sedangkan keti-dakbahagiaan adalah datangnya penderi-taan dan berakhir-nya kesenangan.

Kebahagiaan objektif merupakan kebahagiaan yang datang diluar ranah diri seseorang, seperti yang dikatakan Aristoteles Orang yang bahagia adalah orang yang mempunyai good birth, good health, good look, good luck, good reputation, good friends, good money, and goodness.

Demikian juga yang dimaksud oleh John Stuart Mill, kebahagiaan datangnya kesenangan dengan berakhirnya penderitaan. Adapun yang dimaksud dengan ketidakbahagiaan adalah datangnya penderitaan dan berakhirnya kesenangan.

Sedangkan kebahagiaan subjektif merupakan kebahagiaan yang datang dari dalam diri seseorang dan mendasari kebahagiaan itu pada tingkat kepuasan diri. Sehingga dengan demikian orang stress tidak akan mengatakan dirinya bahagia, orang yang gagal dalam pembelajaran tidak akan mengatakan dirinya bahagia karena disana tidak ada kepuasan diri, yang ada hanya tekanan diri dan frustasi. Namun sebaliknya pecandu narkoba cenderung mengatakan dirinya adalah orang yang paling bahagia melebihi kebahagiaan yang dapat dirasakan oleh semua orang, kendati dalam pandangan kebanyakan orang mereka bukanlah orang yang bahagia. Hal ini disebabkab oleh kebahagiaan itu subjektif.

1 Komentar "Apa Itu Bahagia ?", Baca atau Masukkan Komentar

sulipeterpan@yahoo.co.id said...

ya...
smoga hiddup kita selalu bahagia...
:)

Followers