Cobaan, Peringatan dan Azab

Bersama : H. Sugeng Pramono


         Lagi dan lagi cobaan datang mendera kita. Tidaklah salah jika banyak orang kemudian menilai : Bangsa Indonesia sedang ditimpa musibah secara berturut-turut. Sesungguhnya, apakah hikmah disebalik semua ini ?


         Kita harus meyakini, musibah apapun yang berupa bencana alam atau akibat kelalaian manusia, segala yang terjadi itu telah ditakdirkan oleh Allah SWT. Berat mata memandang, memang tak seberat bahu memikul, suka atau tidak memang kehidupan harus terus berjalan. Oleh karena itu pastilah ada hikmah yang dapat diambil dari berbagai kejadian yang menimpa, karena Dia Yang Maha Adil dan Penyayang pasti selalu menyimpan hikmah disebalik semua ketentuanNya.


         Memang, jika kita melihat kembali ke belakang, dalam beberapa tahun terakhir ini bangsa kita “dikejutkan” dengan berbagai macam musibah. Entah itu gempa bumi, tsunami, tanah longsor, lahar gunung berapi, kekeringan, banjir bandang, lumpur panas, angin puting beliung, hingga kecelakaan (kapal laut, pesawat terbang, KA, dan kendaraan darat).



         Adalah wajar jika kita semua akan berfikir dan bertanya-tanya : Gerangan apa dosa dan kesalahan bangsa ini sehingga harus mengalami penderitaan yang berat dan berturut-turut ?


         Sesungguhnya, bencana alam terjadi akibat ulah tangan manusia, baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung, misalnya karena perambahan hutan digunung, orang-orang membangun gedung yang tinggi menjulang tampa memikirkan bahwa perlu adanya wilayah resapan air, akibatnya terjadilah banjir dimana air tak ada lagi tempat leluasa mengalir atau meresap. Perut bumi dibor sehingga mengakibatkan kekosongan pada rongga-rongga bumi dan memicu terjadinya gempa. Lebih dari itu, bencana sejatinya bisa muncul akibat timbunan dosa manusia. Kejahatan dan kemaksiatan (perzinahan/prostitusi, pencabulan), perjudian, penipuan, pencurian (korupsi). Perbuatan-perbuatan ini sedemikian merajalela di Tanah Air kita dan jelas telah mengundang datangnya bencana.


         ”Telah tampak kerusakan didarat dan dilaut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagai dari akibat perbuatan mereka agar mereka kembali ke jalan yang benar.” Demikian kalam Allah SWT dalam QS. Ar-Rum Ayat : 41.


         Saya tertarik untuk mengutip sebuah hadist Nabi SAW yang diberikan oleh Ummu Salamah. Nabi Muhammad SAW bersabda : “Jika kemaksiatan yang dilakukan oleh umatku semakin jelas (terbuka), maka Allah SWT akan menimpakan azab kepada mereka semua”. Ummu Salamah bertanya : “Apakah termasuk kepada mereka yang saleh ?” Nabi menjawab : “Ya, tentu”.


          Karena itulah, jika bencana alam menimpa suatu daerah, semua penduduk didaerah itu terkena musibah, tidak membedakan antara yang salaeh dan yang jahat. Mengapa orang-orang yang taat kepada Tuhan juga terkena musibah ? Karena dipundak orang-orang yang saleh itu terdapat kewajiban melaksanakan amar makruf nahi mungkar agar penduduk di daerahnya menjauhi kejahatan dan kemaksiatan. Dan tentu saja jangan memandang kematian mereka sebagai tragedi, sebab sesungguhnya Allah telah memilih jalan terbaik bagi mereka. Penderitaan yang mereka alami, adalah ujian iman untuk kesempurnaan amal ibadah.


         Ingatlah, musibah itu bisa merupakan cobaan, peringatan, bisa pula berupa azab. Maka dari itu, merilah hendaknya kita mawas diri dan merenung ; Adakah kaitan antara rentetan musibah yang mendera negeri ini dengan perilaku kita, terutama sekali dengan mereka yang telah diberi amanah (dari presiden hingga tingkat terendah) ?


         Semoga kita semua bisa mengambil hikmah dari rentetan bencana yang terjadi, karena sudahlah pasti dari setiap kejadian yang diturunkan Allah, baik atau buruk, pasti ada hikmah di sebaliknya.


         Semoga pula kesabaran dan ketabahan selalu terlimpahkan bagi saudara-saudara yang terkena bencana, khusunya bencana gempa bumi yang melanda sumatra barat dan sekitarnya. Amin ya robbal alamin. . .!

0 Komentar "Cobaan, Peringatan dan Azab", Baca atau Masukkan Komentar

Followers